Offside.co.id

Barca Kalang Kabut! Sampaoli Tolak Ganti Enrique

Jumat 3 Maret 2017 22:34 WIB

Offside.co.id – Petinggi Barcelona kalang kabut. Jorge Sampaoli (56) yang diplot menggantikan Luis Enrique, ternyata menolak!

Pelatih yang sukses mengantarkan timnas Chile meraih gelar juara Copa America 2015 tersebut, berhasil membawa Sevilla menempati peringkat tiga klasemen La Liga. Mereka hanya tertinggal dua poin dari pemuncak klasemen sementara, Barcelona.

Sampaoli baru bergabung dengan Sevilla Juni 2016. Dia amat dekat dengan Mega bintang Barca, Lionel Messi. Maklum, keduanya sama-sama berasal dari Argentina.

Ketika Messi (didukung Luis Suarez dan Neymar) memaksa Barca melengserkan Luis Enrique dari kursi pelatih, Sampaoli adalah satu-satunya opsi yang disodorkan pemain bernomor punggung 10 itu.

Di media, memang banyak kandidat. Tapi sudah jadi rahasia umum, Barca selalu “menurut” pada Messi, yang jelas-jelas hanya ingin dilatih Sampaoli.

BACA JUGA :   Tahan Brasil, Swiss Ingin Pengakuan Lebih

Enrique sendiri memilih langkah standar yang tak memalukan dirinya, yakni bilang jika ia akan mundur pada akhir musim. Alasannya simpel, ingin istirahat sejenak. Ia sebenarnya sadar, tak lagi didukung Messi dkk.

Prestasi Enrique padahal cukup sensasional. Pada musim pertama melatih tim senior Barca, ia membawa tim Catalan itu meraih treble winner. Tapi gaya Enrique agaknya tak disukai Messi.

Masalah jadi pelik setelah Sampaoli tiba-tiba menyatakan menolak melatih Blaugrana. Ia malah menyatakan telah terhubung dengan proyek di Sevilla sampai mati!

 

“Pekerjaan di Barcelona? Pertanyaan itu tidak memiliki jawaban, karena tidak pernah ada,” ujar Sampaoli seperti dikutip dari Goal Internasional, setelah berhasil membawa Sevilla menang 1-0 saat menjamu Athletic Bilbao dalam lanjutan La Liga, Jumat (3/3) dini hari WIB.

BACA JUGA :   Jerman Tumbang Setelah 36 Tahun

“Saya tidak tahu apa yang harus dikatakan, di fase seperti ini dalam berjalannya musim, berbicara tentang para kandidat tidak masuk akal. Saya terhubung dengan proyek di Sevilla sampai mati,” ujarnya.

Sampaoli terikat kontrak di Sevilla hingga musim 2017/18, dan ia berencana bertahan lebih lama lagi.

Mengembalikan jabatan ke Enrique lagi, nyaris mustahil. Ia cukup jaga gengsi. Terlebih, ia tahu trio striker Barca tak menyukainya.

Memang, banyak yang berminat melatih tim besar seperti Barca. Tapi mengimbangi raihan Enrique jelas tidak mudah. Petinggi Barca yang kini berpikir keras mencari sosok — minimal setara Enrique. (SN)

(Visited 78 times, 3 visits today)
Editor: Sigit Nugroho