Offside.co.id

Barcelona Pilih Valverde dengan Keraguan! Kenapa?

Selasa 30 Mei 2017 08:08 WIB

Offside.co.id – Barcelona telah resmi memilih Ernesto Valverde (53) sebagai pelatih baru pada musim depan, menggantikan Luis Enrique. Benarkan Barca agak ragu pada Valverde?

Keraguan Blaugrana sebenarnya bisa dilihat dari durasi masa kontrak. Eks pelatih Athletic Bilbao itu hanya dikontrak selama dua tahun. Untuk sebuah klub besar, jangka waktu itu bisa dibaca lain.

Setidaknya, klub tampak yakin dengan kapasitas pelatih jika kontrak yang disodorkan minimal 3 tahun. Beberapa klub malah 4 tahun, sebagaimana lazimnya.

Sebagai ilustrasi terdekat, Enrique saja dikontrak Barca selama 3 tahun dengan koleksi 9 trofi. Musim ini agak sial, ia hanya mengantarkan Lionel Messi dkk memetik 1 trofi. Gelar La Liga disabet Real Madrid, di Liga Champions dihentikan Juventus.

BACA JUGA :   Debut Inter dan Milan Sama-sama Cemerlang

Soal keraguan, tentu saja hal itu akan dibantah Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, yang mengumumkan pemilihan Valverde pada Senin (29/5/2017).

Valverde sendiri akan diperkenalkan pada publik, Kamis (1/6/2017) waktu setempat. “Saya berbicara dengan dia hari ini dan ia merasa senang. Baginya, ini tantangan yang sangat spesial. Dia memiliki kemampuan, pengalaman, dan pengetahuan untuk tugas ini,” kata Bartomeu.

Ia menambahkan jika Valverde memiliki gaya yang tepat untuk melatih Barca dan tahu bagaimana cara kerja klub. Ia memiliki peringkat kerja yang tinggi, bergairah terhadap sepak bola dan tertarik bekerja dengan teknologi terkini.

Valverde memiliki pengalaman panjang membesut Athletic Club, Espanyol, Villarreal, dan Valencia. Ia juga sukses membawa Athletic Bilbao mengakhiri penantian klub selama 31 tahun untuk meraih gelar dengan membawa mereka menjuarai Piala Super Spanyol 2015 setelah menang agregat 5-1 atas Barcelona.

BACA JUGA :   Rooney Nyaris Bikin Man City Babak Belur

Valverde harus mengawali tugasnya di Barcelona dengan tantangan berat saat Barca menghadapi seteru abadi sekaligus juara Liga Spanyol Real Madrid pada leg pertama Piala Super Spanyol di Nou Camp, Agustus 2017.

Sebelum itu, Barca akan menjalani tur pramusim ke AS untuk memainkan laga persahabatan melawan Madrid, Manchester United, dan Juventus. (SN)

(Visited 202 times, 6 visits today)
Editor: Sigit Nugroho