Offside.co.id

Ini Dia Lima Kandidat Pengganti Enrique di Barcelona!

Kamis 2 Maret 2017 12:11 WIB

Offside.co.id – Luis Enrique sudah merilis keputusannya mundur dari kursi pelatih Barcelona. Keputusan itu dikeluarkan sesaat setelah timnya sukses memukul Sporting Gijon 6-1, Rabu malam.

Seiring bakal kosongnya posisi pelatih di klub raksasa Spanyol itu, sejumlah nama pun muncul sebagai kandidat yang pantas menduduki jabatan panas di Barcelona.

Siapa saja sosok-sosok yang difavoritkan menggantikan Enrique, berikut lima pelatih yang diunggulkan seperti yang ditampilkan mirror.co.uk.

Ronald Koeman

Publik Nou Camp trak asing dengan nama pelatih asal Belanda ini. Ronald Koeman pernah menjadi pemain di Barcelona di era 1980-1990 an. Dia adalah sosok penting di lini pertahanan Barcelona di eranya. Hubungan batinnya dengan tim Katalan itu juga sangat erat seperti halnya seniornya sesama Belanda Johan Cruyff, serta Frank Rijkaard dan Louis van Gaal.

Kini, Koeman merupakan pelatih Everton. Kiprahnya sebagai pelatih di Liga Premier pun terbilang lumayan. Sebelum hijrah ke Everton, Koeman sukses bersama Southampton. Bukan kali ini saja pelatih berusia 52 tahun dikait-kaitkan dengan Barcelona. Saat menjadi asisten pelatih Barcelona (1998-2000) dan pelatih Belanda, Koeman sudah sering dikaitkan dengan bekas klubnya itu.

Ronald Koeman (Foto: mirror/evertonfc)

 

Jorge Sampaoli

Jorge Sampaoli (56) sedang menjadi buah bibir. Pelatih asal Argentina ini sedang memperlihatkan perannya bersama Sevilla, tim Laliga yang kini berada di papan atas. Mantan pelatih timnas Chile yang sukses menjuarai Copa America 2015 ini merupakan kandidat yang juga bisa menjadi pilihan Barcelona. Sampaoli sempat menjadi favorit calon pelatih Chelsea sebelum “The Blues” memilih Antonio Conte. Dia dikenal sebagai pelatih yang mengusung permainan menyerang.

Jorge Sampaoli (Foto: mirror.co.uk)

 

Ernesto Valverde

Valverde, yang kini menukangi Athletic Bilbao, masuk dalam kandidat pelatih yang bisa menggantikan Enrique. Pelatih berusia 53 tahun itu pernah tercatat sebagai pemain depan Barcelona pada musim 1988-1990.  Seperti halnya Sampaoli, Valverde juga dikenal sebagai pelatih yang doyan menerapkan strategi menyerang. Dengan adanya Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar akan membuat Valverde lebih leluasa menerapkan polanya.

Ernesto Valverde (Foto: mirror.co.uk)

Mauricio Pochettino

Pochettino boleh saja mengklaim dirinya bahagia bersama Tottenham Hotspur, tim yang diarsitekinya sekarang ini. Tapi dalam sepakbola siapa yang berani menjamin kalau ada tawaran menarik dari klub besar, kemudian kita menolak?

Pelatih berusia 44 tahun asal Argentina ini tahu betul siapa dan seperti apa Barcelona. Dia pernah hidup di kota itu bersama klub Espanyol, baik sebagai pemain maupun pelatih. Pochettino sukses bersama Spurs. Permainan menyerang yang diusungnya pun banyak membuat decak kagum. Tak heran jika sejak melatih di Spurs klub ini mampu berada di papan atas.

P{ochettino (Foto: mirror.co.uk)

Arsene Wenger

Nasibnya bersama Arsenal belum ditentukan. Arsene Wenger (67) merupakan satu-satunya pelatih gaek yang dipandang pantas menangani Barcelona. Kiprah “Sang Profesor” sedang menjadi sorotan di Arsenal, menyusul performa kurang bagus dari klub yang diasuhnya sejak 1996. Kemampuan dan pengalaman melatih Wenger menjadi salah satu alasan pria asal Prancis ini boleh dinominasikan Barcelona. (KS)

Arsene Wenger (Foto: mirror/getty)

(Visited 97 times, 3 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo