Offside.co.id

Messi Minta Barca Lepas Tiga Pemain, Juga Enrique!

Selasa 21 Februari 2017 20:26 WIB

Offside.co.id – Superstar Barcelona dan Argentina, Lionel Messi minta klubnya melepas empat nama. Yang mengejutkan, di antara mereka ada nama Luis Enrique!

Kabar itu jelas bikin heboh. Tapi media Spanyol El Mundo Deportivo dan Dario Gol, tak sendirian memuat berita tersebut. Media tenar lain, AS, juga menerbitkan kabar serupa, meski beda bulan. Artinya, sinyal perpecahan antara Messi-Enrique bukan isapan jempol belaka.

Senin (20/2/2017), media-media itu membocorkan kabar terkait ancaman Messi ke klub Catalan tersebut. Nama pertama yang tak ingin dilihat Messi di markas El Barca musim depan adalah Jeremy Mathieu (33). Ia dinilai bukan hanya kalah bersaing dari Gerard Pique dan Samuel Umiti di lini belakang, namun kehadirannya saat bertanding justru membuat pemain lain stress.

Messi juga ingin Lucas Digne yang dibeli dari Paris St-Germain dijual akhir musim ini. Digne lebih dipercaya Enrique untuk mengisi posisi yang biasa ditempati Jordi Alba, sahabat karib Messi. Ia sempat mengkritik Enrique saat membangku-cadangkan Alba, tapi dicuekin.

BACA JUGA :   Kroos Selamatkan Peluang Jerman

Satu nama lagi yang diinginkan Messi pergi adalah Andre Gomes. Gelandang yang dibeli Enrique ini tak mendapat dukungan dari pemain Barca lainnya, padahal ekspektasi kepadanya amat tinggi.

Jeremy Mathieu, Lucas Digne, dan Andre Gomes. Tak diinginkan Messi.

Ketiga nama di atas mungkin hal biasa. Tapi ternyata Messi dikabarkan juga menekan para petinggi Barca untuk memecat Enrique! Bukan rahasia lagi, beberapa kali Messi terlibat konfrontasi dengan sang pelatih terkait taktik maupun strategi.

Sekalipun akhir pekan lalu memborong dua gol kemenangan 2-1 atas tim lemah Leganes, tampak ekspresi wajah Messi amat suram kala bubaran. Apalagi saat dipermalukan PSG 0-4 di pentas Liga Champions.

Ia konon juga kesal saat dikembalikan Enrique ke posisi sayap kanan, area operasi Messi di awal karier. Namun nama Messi justru mencapai puncaknya saat ditempatkan di posisi false striker, alias penyerang bayangan oleh Pep Guardiola.

Memang, permintaan Messi ke petinggi El Barca sepertinya berlebihan untuk ukuran seorang pemain. Masalahnya, semua tahu, Messi lebih dari sekadar pemain. Citra dan sebagian besar kekuatan Barca menempel pada dirinya.

BACA JUGA :   Kroos Selamatkan Peluang Jerman

Jika tak dituruti, Messi bisa pergi. Ia sedang memiliki posisi yang tinggi. Manchester City berani membayar 100 juta pound (sekitar Rp 1,6 triliun lebih), sekaligus mememecahkan rekor pembelian Paul Pogba (MU).

Itu pun masih dengan catatan, jika memang dijual, MU maupun Real Madrid juga tak segan mengucurkan dana lebih dari tawaran City. Kebetulan, durasi kontrak Messi tersisa dua tahun lagi, dan ia enggan berbicara tentang perpanjangan kontrak. Jelas posisi Barca amat rawan.

Apakah ini berarti Barca terpaksa menuruti permintaan Messi agar menjual tiga pemain dan sekaligus mendepak Enrique? Kebetulan Barca disebut-sebut tengan membidik beberapa nama tiga manajer top dari Liga Primer seperti Ronald Koeman (Everton), Jurgen Klopp (Liverpool), dan Mauricio Pochettino dari Tottenham Hotspur. (SN)

Klopp, Koeman, dan Pochettino, berpeluang mengganti Enrique.

(Visited 270 times, 5 visits today)
Editor: Sigit Nugroho