Offside.co.id

Zidane Tak Lihat Skor, Enrique Biasa Tertekan

Sabtu 14 Mei 2016 12:34 WIB

PEKAN KRUSIAL akan dilakoni dua kandidat juara Liga Spanyol. Real Madrid akan meraih gelar La Liga dengan kemenangan atas Deportivo La Coruna, tapi itu bila Barca gagal meraih kemenangan atas Granada pada waktu yang sama. Manajer Real Madrid Zinedine Zidane mengaku tak akan melihat skor rivalnya, sementara bos Barca bilang timnya biasa tertekan.

Zidane mengatakan ia tidak akan memantau skor Barcelona sampai pertandingan berakhir, meskipun pihaknya berharap Barcelona tergelincir. “Aku tidak akan tahu apa yang akan terjadi sampai akhir,” kata Zidane. “Kami tidak bergantung pada diri kita sendiri, tetapi kita tidak perlu memikirkan pertandingan lainnya. Ini tentang permainan kami dan harus fokus untuk menang.”

Tapi eks pemain internasional Prancis dan Real Madrid itu tidak tahu apakah ia akan tetap bertanggung jawab di musim depan. “Ada banyak keraguan dan aku bisa mengerti itu. Kami belum memenangi titel apa pun. Kami memiliki dua pertandingan final yang harus dimainkan.”

Di bawah asuhan Zidane, El Real tampil lebih bimpresif. Zidane ditunjuk menangani tim senior Madrid pada 4 Januari 2016, menggantikan Rafael Benitez yang dipecat oleh pihak manajemen klub karena dianggap membawa tim tampil di bawah ekspektasi. Salah satu indikator penampilan buruk Madrid adalah kalah telak 0-4 saat menjamu Barcelona di El Classico.

BACA JUGA :   Hasil Babak Kualifikasi Piala Eropa 2020

Sejak dipoles Zidane, Madrid sudah melakoni sebanyak 25 pertandingan. Mereka memenangi 20 laga, tiga kali menuai hasil imbang, dan dua kali menelan kekalahan. Dari jumlah itu, Madrid mencetak 11 kemenangan beruntun di Liga Spanyol. Catatan itu cuma berjarak satu laga dari rentetan kemenangan terbaik Madrid yang dibukukan Carlo Ancelotti.

Menghadapi La Coruna, Zidane senang tiga pilar utama di sector penggedor bisa diturunkan, yakni Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan Karim Benzema, sekalipun dalam beberapa hari terakhir senantiasa ditiupkan kabar salah satu dari bintang itu tidak fit.

Tes Mental Barca

Sementara itu manajer Barcelona Luis Enrique mengatakan pemainnya “terbiasa dengan tekanan semacam ini” saat Barca mengincar kemenangan atas Granada saat perebutan gelar La Liga.

Barca akan memenangkan gelar, dengan syarat harus meraih kemenangan atas Granada. Apapun hasil Real Madrid kontra Deportivo La Coruna pada saat yang sama, Sabtu, tak akan berpengaruh.

BACA JUGA :   Timnas U-23, Menang Vs Vietnam Harga Mati!

“Kami berbeda dengan tim lain,” kata Enrique, yang meraih treble musim lalu dalam musim pertamanya bertugas. “Para pemain ini telah memenangi begitu banyak hal. Pertandingan kali ini juga akan memberikan tes mental bagi pemain Barca.”

Barca memetik kemenangan di empat pertandingan terakhir dengan catatan tanpa kebobolan! Mereka juga mampu tampil amat produktif dengan mencatatkan rata-rata 5,25 gol di setiap pertandingan.

Andai menang di laga ini, Barca akan menjadi juara dengan raihan 91 poin. Raihan itu merupakan yang terendah dalam empat musim terakhir saat menjuarai Liga Spanyol. Luis Suarez sudah mencetak sebanyak 11 gol dalam empat laga terakhir di Liga Spanyol. Dia mencetaknya dalam 14 kali sepakan on target.

Messi sudah mencetak 11 gol di lima laga dari delapan pertemuan melawan Granada. Dia mencetak dua hat-trick di laga-laga itu. Secara matematika, Barca akan keluar sebagai juara. Tapi inilah indahnya sepakbola. Semua tak bisa dihitung ala matematika. (SN)

 

(Visited 45 times, 1 visits today)
Editor: Sigit Nugroho