Offside.co.id

Lorenzo Tidak Cukup Liar buat Ducati

Rabu 3 Mei 2017 06:02 WIB

Offside.co.id – Mantan juara Ducati MotoGP Loris Capirossi mengatakan bahwa Jorge Lorenzo tidak memiliki karakter liar yang dibutuhkan untuk mengendarai Ducati.

Lorenzo yang tiga kali menjadi juara dunia MotoGP, mengalami awal yang sulit di atas jok Desmosedici. Beberapa kesalahan membuat finis terbaiknya hanya di tempat kesembilan dalam tiga balapan awal musim ini. Terakhir, ia mencapai posisi itu di Sirkuit Amerika di Austin. 

Sekalipun demikian, Lorenzo tetap optimistis dan tidak akan terburu-buru langsung masuk ke putaran tinggi Ducati dengan sehala risiko. Ia memang langsung kompetitif saat berada di Yamaha, sebab di Ducati Lorenzo perlu waktu lebih untuk beradaptasi.

Pembalap Spanyol itu mengakui bahwa adaptasi yang diperlukan utamanya pada cara membawa motor pabrikan Italia itu.  

Capirossi, yang bergabung dengan paddock Ducati pada tahun 2003, percaya bahwa gaya Lorenzo dalam mengendarai Desmosedici tidak cukup liar. Itulah yang membuaynya terlempar dari persaingan yang sangat keras.

BACA JUGA :   Indonesia Terus Pelihara Asa ke Semifinal

“Menurut saya, Lorenzo masih bisa memaksimalkan performa Ducati dengan pendekatan berbeda,” kata Capirossi kepada stasiun radio Italia, Radio 24 .

“Ducati adalah motor yang kompetitif, dengan segala kelebihan dan kekurangannya​. Dalam beberapa tahun terakhir kita telah melihat Ducati bersaing dan unggul di beberapa trek,” katanya.

Di jalur dimana Ducati lemah, Lorenzo semestinya menyiapkan trik tertentu. Sayangnya, menurut Capirossi, pembalap bernomor 99 itu tak memiliki trik tersebut.

“Lorenzo pembalap yang sangat cepat, namun Ducati butuh pembalap liar. Andrea Dovizioso liar tapi tidak konsisten. Lorenzo sama sekali tidak demikian,” imbuhnya.

BACA JUGA :   Semifinal "di Tangan Hansamu"

CEO Ducati, Claudio Domenicali, sebelumnya sempat berharap Lorenzo akan membuat perusahaan Italia itu semakin kompetitif saat bergabung. 

Ia bereuni dengan mantan manajer timnya Gigi Dall’Igna. Sejak Dall’Igna bergabung dengan Ducati, kuda mesin asal Bologna itu telah melangkah cukup jauh.

“Lorenzo akan membantu Gigi untuk mengembangkan motor dan memperbaiki detail-detail kecil yang belum cukup 100%. Lalu dia akan memainkan perannya dan ini pasti akan membuat kita lebih kompetitif,” harap sang CEO yakin.

Rasanya ia dan kubu Ducati harus bersabar, juga tabah saat Maverick Vinales dan Valentino Rossi (Yamaha) atau Marc Marquez dan Dani Pedrosa dari Honda merajalela. (SN)

(Visited 45 times, 1 visits today)
Editor: Sigit Nugroho