Offside.co.id

Bikin Koreo 3D, NSB12 Habiskan Dana Rp14,6 Juta

Selasa 30 Agustus 2016 12:14 WIB

Offside.co.id – Laga Bali United kontra Persija Jakarta menyisakan kesan yang luar biasa bagi pecinta sepak bola di Bali. Selain torehan kemenangan dramatis bagi Bali United di laga penutup putaran pertama Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, tontonan koreo epic dari para pendukung tim Serdadu Tridatu di tribun utara turut melengkapi cerita malam minggu ceria di Stadion Kapten I Wayan Dipta kala itu.

Kombinasi koreo membentuk lapisan warna merah dan hitam dipadupadankan dengan kemunculan gambar raksasa berupa sosok burung Jalak Bali secara tiba-tiba itu mampu menyihir penonton untuk melupakan sejenak apa yang terjadi di lapangan. Koreo model tiga dimensi itu merupakan hasil kreasi kelompok suporter Semeton Dewata yang mengatasnamakan diri mereka sebagai North Side Boys (NSB) 12.

NSB12 sukses mengkreasikan sebuah koreo yang bisa dibilang baru di sepak bola Indonesia. Sekilas, koreo yang dipertontonkan NSB12 mirip dengan koreo para pendukung klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund pada sebuah laga penting di ajang Liga Champions musim lalu. Yang membedakan keduanya adalah sosok pada gambar itu sendiri di mana Dortmund kala itu memunculkan icon wajah badut memakai teropong sementara NSB12 memakai sosok Jalak Bali yang tak lain adalah maskot Bali United sendiri.

BACA JUGA :   Kroos Selamatkan Peluang Jerman

NSB12 sebagai suporter beraliran casual memilih bungkam terkait kreasi meraka itu. Tak ada yang bisa dikorek lebih dalam terkait filosofi koreo, asal muasal ide, hingga besaran biaya yang dihabisakan mereka untuk mengkreasikan koreo unik tersebut.

Salah satu anggota NSB12 yang enggan disebutkan namanya mengaku tak bisa berkomentar banyak terkait semua hal tentang NSB12, termasuk terkait koreo 3D itu. Karena menurutnya, NSB12 sudah sepakat untuk menjadi kelompok suporter esklusif yang hanya mau bercerita tentang kegiatan mereka di media mereka sendiri.

BACA JUGA :   Kroos Selamatkan Peluang Jerman

“Mas bisa cek akun media sosial resmi kami. Teman-teman di NSB12 semuanya tidak ingin diberitakan atau diliput di koran maupun media yang lain. Kami hanya update berita di official akun kami,” terangnya.

Informasi terkait besaran biaya yang dikeluarkan NSB12 akhirnya terjawab sehari yang lalu, Senin(29/8). Pada sebuah pesan berantai melalui ofisial LINE NSB12, dijelaskan bahwa NSB12 menghabiskan dana sebesar Rp 14.590.000 untuk menciptakan koreo 3D yang diberi judul “The Beginning of History” itu.

“Dan minim akan share total pengeluaran untuk aksi koreo 3D dan pembuatan Jablo (maskot Bali United yang berupa burung jalak Bali). Setelah mimin hitung bersama tim koreo, total pengeluaran sejumlah Rp 14.590.000,” begitu bunyi paragraf pertama pesan berantai tersebut. (MQ)

(Visited 3.939 times, 49 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid