Offside.co.id

Ketika Bonek ‘Diamankan’ Bonek

Selasa 10 Januari 2017 11:26 WIB

Offside.co.id  – Bonek Mania datang ke Bandung, untuk mengawal kongres PSSI 207, MInggu (8/1). Pemkot Bandung dan bobotoh pun menunjukkan sambutan yang luar biasa saat suporter fanatik Persebaya Surabaya tiba di kota Kembang, Minggu (8/1).  Mereka menyediakan tempat tinggal sementara untuk Bonek selama di Bandung yakni di GOR Pajajaran dan GOR Takraw Lodaya. Tak hanya itu, Bonek juga diberikan makanan.

Apa lacur, perjamuan ala Pemkot Bandung dan Bobotoh itu tak membuat Bonekmania menunjukkan sikap baiknya. Ada beberapa oknum yang sempat bikin onar. Mereka menjarah beberapa kios yang berada di GOR Pajajaran.

Kekecewaan pun bermunculan. Pemilik kios pun menyampaikan kegelisahannya pada Ridwan Kamil, walikota Bandung yang sejak awal welcome pada Bonek.  Intinya, mereka seolah-olah tak percaya jika sikap baik sebagai tuan rumah, harus mendapatkan perilaku seperti itu.

BACA JUGA :   Iwan Setiawan Soroti Marquee Player Liga 1

“Assalamualaikum pak emil…Punten pak, mamah saya punya warung di gor pajajaran ari pas barusan sore dpet kabar ktanya warungnya udah ancuurr dagangannya abis smua sma bonek… bukan cuma warung mamah saya aja tapi semua pedagang yang ada di gor habis semua dagangan nya dan diancurin pula…,” tulis @Novithatha sambil mengungah sebuah foto di instagram.

“Berdasarkan sebagian yang sudah terdata ada 21 kios yang dibobol di sebelah utara. Tapi itu belum semuanya, total jumlahnya sekitar 60-an toko yang rusak,” kata Wakil Kepala Pengelola GOR Pajajaran, Suwardi seperti yang dikutip Tempo.

Seorang pentolan Bonek, Tubagus Dadang Kosasih mengecam aksi penjarahan tersebut. Menurut Tubagus, aksi tak terpuji itu sama saja merusak rumah kedua Bonek. “Kita sangat mengecam kalau memang ada oknum Bonek yang melakukan penjarahan. Ini sama saja pelanggaran dan merusak rumah kita. Bagi kami, Bandung adalah rumah kedua bagi Bonek,” kata Tubagus.

BACA JUGA :   Arsenal Tertahan, Wenger Keluhkan Wasit

Tubagus mengakui jika ada beberapa oknum Bonek yang melakukan pelanggaran tersebut. Bahkan pihaknya sudah mengamankan sekitar 8 oknum yang melakukan tindakan tak terpuji tersebut. “Yang ketahuan sama kita melakukan pelanggaran, langsung kita amankan,”terangnya.

Langkah tegas pengurus Bonekmania tersebut pantas mendapatkan apresiasi. Bagaimana pun, asa untuk menghilangkan citra negatif Bonek memang tak mudah dan butuh proses yang lama. Pembenahan dari internal mutlak dibutuhkan.

(Visited 421 times, 12 visits today)
Editor: Hanif Marjuni