Offside.co.id

Jual Juan Mata? Ini Jawaban Mourinho!

Senin 13 Februari 2017 16:01 WIB

Offside.co.id – Masa depan Juan Mata (28) di Manchester United sempat dianggap berakhir, bersamaan  dengan penunjukkan Jose Mourinho sebagai manajer. Nyatanya?

Memang, dalam skema Mourinho, hampir tidak ada pemain yang punya tempat aman di sektor tengah, kecuali Paul Pogba. Maklum, ia pemain termahal di dunia. Membangku-cadangkan Pogba saat fit, bakal mengundang kritik. Tapi bagaimana untuk pemain lain, Mata misalnya? Ternyata, tidak ada garansi.

Mou memang kerap merotasi poros tengah tersebut. Formasi 4-2-3-1 (dengan flat back four dan satu satu lone striker seperti Zlatan Ibrahimovic), memang membuat lini tengah jadi variatif. Ada gelandang dengan tugas agak bertahan, dan ada yang lebih fokus membantu Ibra di depan.

Dalam skema itu (di mana Pogba mengamankan satu tempat), maka empat pos tersisa diperebutkan banyak pemain. Michael Carrick, Ander Hererra, Marouane Fellaini, Henrikh Mkitharyan, Jesse Lingard, juga tentu saja, Mata. Itu pun dengan “melupakan” Bastian Schweinsteiger dan Ashley Young.

Namun pemain berstatus “sebenarnya striker” pun cukup banyak yang dipaksa berebut kapling di skema 2-3 (selain empat bek dan satu striker utama, Ibra). Mereka adalah Wayne Rooney, Marcus Rashford, dan Anthony Martial.

Artinya, sangat masuk akal jika kemudian pemain sepenting Juan Mata tak mendapat tempat spesial di starting eleven. Namun, sekalipun kerap turun sebagai pemain pengganti, toh Mata sering menjadi penyelamat lewat gol maupun assist-nya.

Mou tak bisa menutupi fakta ini. Dulu banyak yang menduga sang manajer bakal membuang Mata seperti saat ia menyia-nyiakan pemain Spanyol itu kala sama-sama berbendera Chelsea. Pada 2014, Mata yang kurang berguna di bawah asuhan Mou, dibeli MU senilai 37,1 juta pound atau Rp 612 miliar.

Performanya ternyata bagus dan stabil. Musim ini, ia mencetak enam gol, termasuk dalam laga terakhir di Old Trafford (menang 2-0 atas Watford).

“Saat aku datang ke Old Trafford, banyak yang menduga Mata berada dalam masalah,” kata Mourinho. “Aku sendiri tahu, ia tidak berada dalam masalah. Sepakbola yang aku inginkan di Chelsea berbeda dengan di Manchester United. Mata telah beradaptasi dengan skema itu. Sejak awal aku tahu, dia pemain penting.”

Tak lupa, sang manajer mengatakan jika Mata penuh rasa percaya diri, baik terhadap pertandingan maupun terhadap manajer. “Ia sekarang bahagia. Kalian bisa melihatnya saat ia tampil. Aku sama sekali tak berniat menjualnya,” tegas Mou seperti dikutip FourFourTwo. (SN)

 

(Visited 92 times, 2 visits today)
Editor: Sigit Nugroho