Offside.co.id

Pukul Boro dan Geser Arsenal, MU Cetak Rekor Baru!

Minggu 19 Maret 2017 22:29 WIB

Offside.co.id – Kemenangan Manchester United 3-1 atas tuan rumah Middlesbrough, Minggu (19/3/2017) kian komplit dengan dua hal.

United menggeser Arsenal dari posisi kelima klasemen sementara Premier League dengan koleksi 52 poin dari 27 laga. Mereka unggul dua poin dari The Gunners.

Liverpool yang jadi bidikan berikutnya, unggul 3 poin, tapi MU masih menyimpan satu laga. Jika menang, poin akan sama walau The Reds unggul selisih gol.

Catatan kedua dari laga yang dihelat di Riverside Stadium itu, MU ditahbiskan sebagai klub pertama di Inggris yang menorehkan kemenangan ke-600!

Setan Merah telah bermain dalam 951 laga, 600 kali menang, 204 draw, dan 147 kali menelan kekalahan. Yang membuat bangga, MU memecahkan rekor justru saat pasukan Jose Mourinho tidak turun full team.

Zlatan Ibrahimovic, Ander Herrera, dan Paul Pogba, absen karena sanksi FA, dan lantaran cedera. Mourinho nyatanya mampu meracik komposisi kejutan dengan formasi 3-4-2-1.

Memang, banyak kritik terkait eksperimen memakai 3 bek. Tiap kali Antonio Valencia naik, Alvaro Negredo dkk melakukan serangan balik dari sayap kiri.

Ditambah Chris Smalling yang kerap ceroboh, lini belakang MU kerap bikin fans mereka sport jantung.

“Apapun, ini hasil terbaik yang bisa kami raih dengan situasi sulit, dimana tim terkuras karena dalam sepekan tampil 3 kali. Itu tidak mudah. Aku mengapresiasi para pemain,” ujar Mourinho.

BACA JUGA :   Tiga Suporter Tewas Harus Diusut Tuntas

Tiga gol MU dibuat Marouane Fellaini, Jesse Lingard, dan Antonio Valencia. Middlesbrough membalas lewat tendangan Rudy Gestede dari jarak dekat, memanfaatkan kesalahan Smalling.

Di hadapan publik tuan rumah, MU lebih banyak ditekan. Statistik menunjukkan, MU hanya memiliki 36 persen penguasaan bola di sepanjang pertandingan.

Namun, Michael Carrick dkk tampil efektif. Peluang pun lebih banyak ketimbang tim tuan rumah. Jumlah 14 percobaan ke gawang lawan (6 tepat sasaran), mengungguli Boro yang hanya punya 10 tembakan dengan tiga shots on target.

Memanfaatkan umpan lambung Ashley Young, pada menit ke-30 Fellaini menyambut dengan tandukan dari sudut sempit. Gol. “Selalu menyenangkan membuat gol, apalagi tua  rumah memberikan perlawanan ketat,” komentar Si Kribo itu.

Kiper Victor Valdes kebobolan lagi pada menit ke-62, melalui sepakan keras spektakuler gelandang muda, Jesse Lingard, dari luar kotak penalti.

“Sebenarnya saya berniat memberi umpan, tapi posisi sulit. Opsi yang ada, menembak langsung dari jarak jauh. Ternyata gol,” ujar Lingard.

Boro sempat membalas lewat Rudy Gestede. Ia berhasil mengikis ketertinggalan Boro pada menit ke-77. Tensi laga kian memanas.

BACA JUGA :   Tiga Suporter Tewas Harus Diusut Tuntas

Untungnya laga mendekati menit-menit akhir. Untuk mengamankan kemenangan, Mourinho memasukkan Marcos Rojo dan Matteo Darmian.

Di saat Boro kian bernafsu menyamakan skor, sebuah kesalahan fatal dilakukan Valdes. Ia tak mampu menyapu bola back pass. Bola diserobot Valencia yang langsung menceploskannya ke gawang kosong.

Gol pada menit ke-93 itu menghentikan perlawanan tuan rumah. (SN)

 

Data dan Fakta
Middlesbrough 1-3 Manchester United (Rudy Gestede 77′; Marouane Fellaini 30′, Jesse Lingard 62′, Antonio Valencia 90+3′)
Susunan Pemain:
Middlesbrough: 26-Victor Valdes, 170-Antonio Barragan, 5-Bernardo Espinosa, 2-Fabio da Silva, 6-Ben Gibson, 19-Stewart Downing, 7-Grant Leadbitter (29-Rudy Gestede 67′), 8-Adam Clayton, 21-Gaston Ramirez (37-Adama Traore 68′), 14-Marten de Roon, 10-Alvaro Negredo
Pelatih: Steve Agnew

Manchester United: 1-David De Gea, 12-Chris Smalling, 4-Phil Jones, 3-Eric Bailly, 16-Michael Carrick, 25-Antonio Valencia, 18-Ashley Young, 27-Marouane Fellaini, 8-Juan Mata (5-Marcos Rojo 69′), 14-Jesse Lingard (11-anthony Martial 80′), 19-Marcus Rashford (36-Matteo Darmian 90+4′)
Pelatih: Jose Mourinho
Wasit: Jonathan Moss.

(Visited 116 times, 2 visits today)
Editor: Sigit Nugroho