Offside.co.id

Tinggi, Animo Peserta Orientasi Wartawan PWI Jaya

Minggu 7 Juli 2019 07:50 WIB

Offside.co.id –Orientasi Wartawan Angkatan 1/2019 mendapatkan animo cukup tinggi dari para calon anggota PWI DKI Jakarta.  Sebanyak 48 peserta mengikuti orientasi yang digelar di markas PWI Jaya, Gedung Prasada Sasana Karya Lantai 9, Jakarta, Sabtu (06/07).

Animo peserta yang mengajukan pendaftaran Orientasi Wartawan ini luar biasa hingga 70 peserta, sementara kuota yang tersedia pada orientasi angkatan pertama di kepengurusan baru PWI Jaya 2019-2024 ini hanya sekitar 40-an. Setelah dilakukan pemeriksaan berkas, tercatat hanya 48 peserta yang dapat mengikuti orientasi ini,” papar Sekretaris PWI Jaya, Kesit Budi Handoyo.

Orientasi Wartawan PWI Jaya ini bertujuan mencari para pewarta yang berkualitas dan memahami tugasnya sebagai seorang Pewarta yang profesional, demikian Kesit menambahkan.

BACA JUGA :   No Messi, Barcelona Langsung Tumbang

 

“Tentu saja tak hanya kuantitas tapi juga kualitas pewarta yang kami inginkan bisa tercapai dari Orientasi Wartawan ini,” katanya.

 

Dijelaskan, orientasi ini juga memastikan marwah organisasi PWI sebagai rumah bersama bagi para pewarta profesional untuk menyampaikan berita sesuai kode etik jurnalistik dan jangan sampai melanggar apa yang seharusnya sudah baku.

Adanya orientasi ini diharapkan seluruh anggota PWI Jaya bisa memahami peran, hak dan tanggungjawabnya saat menjalankan tugas sebagai wartawan di mana pun bertugas. Termasuk menjunjung tinggi nilai organisasi ini.

Dalam acara orientasi ini peserta dibekali dengan berbagai materi mulai dari Pedoman Dasar/Pedoman Rumah Tangga PWI dengan narasumber Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah dan Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan TB. Adhi, Penerapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) UU No. 40/1999 tentang Pers, Pedoman Pemberitaan Media Siber (PPMS) dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) pada Karya Jurnalistik oleh Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat, Kamsul Hasan, serta Penulisan Berita oleh Kesit.

BACA JUGA :   Persib Minim Karakter

Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah mengatakan, orientasi ini digelar dalam rangka mewujudkan insan pers yang profesional dan bermartabat. “Demi meningkatkan gagasan kualitas wartawan profesional, saya berharap dalam acara ini dapat menjadi pelajaran ilmu bagi kita semua. Jadi tidak ada lagi wartawan tak mengerti kode etik jurnalistik,” ucap Sayid. (AR/KS)

 

(Visited 2 times, 1 visits today)
Editor: Ardi Rusmana

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply